Catatan Harian seorang Relawan (6): Accidentally In Love

14 Juni 2007 pukul 11:04 | Ditulis dalam Catatan Harian seorang Relawan | Tinggalkan komentar

Udah tahu kan kalo hari-hari ni tu sebenarnya hari-hari ujian buatku. Tapi entah kenapa, hari Selasa 13 Juni setelah ujian ak pengen maen k Sardjito.

Habis ujian ak k sic dulu. Baca email dari MomO(Thx y, Mo..!!!), habis itu rencanaku langsung mo k Sardjito, tapi lapar. Y dah, k warung dulu, ntar baru k Sardjito. Habis makan ak baru sadar kalo ak salah kostum kalo mo k Sardjito. Y dah plg dl, salin. Sampe di kos ternyata ak kecapekan jadi ak milih buat istirahat dulu. Ntar habis ashar baru k Sardjito.

Habis ashar, ak beneran k Sardjito. Dari parkir motor, ak langsung k GBST, paling juga banyak kerjaan di sana. Di tengah jalan, ak ketemu ma mBak Retno, habis sholat paling dia. Dia dari tadi juga di GBST, ak jaga ma dia deh, d GBST, d lantai satu. Biasa kalo d GBST, nunggunya lama banget, tapi ntar kalo udah ad pasien pasti borongan. Ga berapa lama, ad mas Tanzid mas atu orang lagi yang malamnya ak tahu kalo namanya Narto. Karena bosan, akhirnya mereka k milih jalan-jalan cari kerjaan. Saat mereka pergi ad pasien keluar, ak antar ma mBak Retno. Sebelum kembali k GBST, ak ngomong ma mBak Retno, ini pasti udah ditunggu. Ternyata bener, baru datang k GBST udah dipanggil keluarga pasien buat nganterin keluarganya(mungkin anaknya) buat kembali k bangsal.
Belum nemu cerita menariknya y??
Sante, ni masih sore, ceritanya dimulai saat menjelang maghrib.
Menjelang maghrib nih, td ak ma mBak Retno diajakin dokter ke lantai empat, tapi karena kami lagi makan(Indomie goreng tanpa telur dari Indofood peduli-mas Adit yang bawa-) dokter tu naek dulu ke lantai 4. Habis makan, ak nyusul ke sana ma mBak Retno, saat mo naik lift, ad yg nyusul, si Kholis(Yogya, SMA kelas 3) ma dua orang cewek berjilbab. Yg satu jilbab putih , yg satu berjilbab merah. Yg berjilbab merah/ungu lumayan nih, pikirku waktu itu.. he..he..he.. Ak bisik-bisik ma si Kholis:
Siapa tuh??
Relawan baru. Mereka belum tahu kerjaan. Jadi ak antar.
Kenalin dong….!!

Si Kholis malah ngomong keras2..
mBak, ad yg mau kenalan nih….!!!
Dasar si Kholis….
Ak turun di lantai 4, sedangkan Kholis dan dua cewek itu ke lantai lima. Di lantai 4 ak ma mBak Retno ambil pasien di sana, paling ga jadi di operasi di sana. Mereka diturunin ke lantai1. Habis dari lantai1, setelah istirahat bentar, ad tanda-tanda pasien-pasien tersebut bakal dibalikin k bangsal. Sekarang di lantai 1 selain ak ma mBak Retno ad Gugun n mas Tanzid. Yang pake brankat dibalikin ma mBak Retno n Gugun. Ak balikin yang pake kursi roda.
Belum ketemu juga cerita menariknya?? Sante Bro…!! Malam masih panjang………
Habis itu ak cm nganggur sampe habis maghrib. Habis maghriban ma mBak Retno kita kembali k GBST. Lantai 1 udah lumayan banyak relawan. Trus katanya di lantai 4 ga ad relawan n sekitar pukul 7 ad pasien yg mau keluar. Ak ma mBak Retno akhirnya milih stand-by di lantai 4. Cuma berdua d sana. Ad satu keluarga pasien. Cm satu pasien yg lagi dioperasi d sana.
Karena cm berdua ma mBak Retno, ak jadi cerita banyak ma mBak Retno. Sampe ngomongin hal yg pribadi2, termasuk pacar n cewek(bagiku), cowok(bagi mBak Retno). Enak lho, ngobrol ma mBak Retno, supel orangnya.
Udah ngerasa ketemu?? Jangan kesusu, dab…!!! Malam masih panjang……
Lumayan lama ak ngobrol ma mBak Retno. Dan biasa, dokter suka ngaret. Katanya jam7, tapi kayaknya molor nih…. Jam7 lebih Kholis datang, dari lantai5. Ni anak emang suka jalan2 ga berguna. Karena dia kalo jalan2 malah ninggalin kerjaan. Temen ngobrolnya jadi tambah. Sekarang ngomongin relawan yg laen. Akhirnya ngomongnya sampe k dua jilbab relawan baru tadi. Merela ad d lantai5. Nganggur n udah banyak relawan di sana,. Ak nyuruh si Kholis buat manggil mereka k sini. Kholis ga mau. Akhirnya kita minta tolong ma mBak Retno. Sesama wanita pasti kan punya senjata buat diandelin. Dia mau. Ak ngomong kalo ak tertarik ma yabng berjilbab merah d si Kholis tertarik pada yang jilbab putih. Hore..hore..
5 menitan
mBak Retno balik. Sendirian. Loh, gimana sih mBak ??
Ga ad yg km cari…
Lah, tadi ak lihat ad.
lagi sholat.
Itu kan yg jibab merah, yg jilbab putih kan ad. Ajak aj dia ke sini, ntar si merah juga nyusul.
Oh gitu tho…!!

Perlu waktu lumayan lama lagi, buat yakinin mBak Retno buat kembali k lantai5 panggil dua jilbab kemari. Ngomong aj kalo di sini ga ad relawannya. mBak Retno akhirnya mau. Dengan embel-embel,”Demi adik-adik…”
Pinter nyocot juga mBak Retno. Dia kembali bawa dua cewek itu. Waktu ad yg ngomong, Lah, udah ad orang gini, kok..!!, mBak Retno ngomong, Kan cowok smua, ntar ak dikacangin….
Dasar…
Basa-basi bentar, mBak Retno terus ehm..ehm… Ngobrol ngalor ngidul. Ak ga pernah kenalan ma mereka. Tapi ak tahu nama mereka. Jilbab merah Heni seangkatan ma ak tp katanya ga kuliah, yang putih Kiki kelas 2 SMA 7. Mereka tahu namaku dari mBak Retno. chiell.
Ngobrol-ngobrol. Lumayan asik(mBak Retno terus ehm..ehm..). Tas mereka masih ketinggalan di lantai5. Sebelumnya ak disuruh ngambil. Tp Kiki’, rela buat ambil. Ak suruh si Kholis nemenin. Ga tahunya, mBak Retno minta ikut juga(sambil ngasih kode, ak kasih kesempatan nih..). Berdua ak ma Heni. Kalopun ad satu keluarga pasien di situ, anggap aj obat nyamuk.
–Breaking the ice– Udah pada tahu kan, kalo ak ga punya kemampuan itu.
Ternyata dia dulu yang memecahkan esnya. Ngajak ngobrol. Nanya ini nanya itu. Ya ak imbangi, ak juga nanya ini nanya itu. Banyak yg terus kami jadi tahu. Dia dari Cepu, ga kuliah, katanya…. bla bla bla.
Ga lama sih. mBak Retno, Kholis, Kiki udah datang. Jadi ngobrol berlima lagi.
Gimana?? Hampir, guys..!! Sabar aj.
Dari tadi ngobrol, si Kiki perhatiin ak terus. Aneh katanya. Kayak siapa.. gitu.(Brad Pitt kali…). Apalagi logatku. Lama-lama ak juga nyadar, kalo dia juga manis. Mirip (sekali lagi) ma Fanni-nya si Aziz. Wajah innocent-nya.
N the story begins….
sekitar jam8 pasiennya keluar. Kita nganter rame-rame. Ke parkiran rencananya. Kan jauh.
Jadi lumayan lama. Ak cari kesempatan buat deketan ma si Heni. Sulit. Apa lagi anaknya jadi pendiam. Ak dorong bed dari belakang ma Heni. Tp sulit banget cari kesempatan buat ngomong. Ak malah jadi sering bantah-bantahan ma Kiki’ yg ad di sebelah Heni.
Di tengah jalan, ketemu mas Tanzid. Lagi bawa pasien juga. Katanya parkiran udah ga terima pasien lagi. Kalo ad pasien bawa aj langsung k bangsal. Setelah sedkit nego ma keluarga pasien, kita putusin buat bawa aj langsung k bangsal. Jadi semakin lama kan… Sepanjang jalan, ak malah jadi deket ma Kiki. Soalnya dia yg perhatiin semua ucapan ma tindakanku. Aneh juga.
Sampai ke bangsal. Aduh, bentar lagi pisah nih…. Sebenernya ak masih perhatiin si Heni di banding Kiki’. Tapi yang perhatiin omonganku dan nanggepin justru si Kiki. Ak paksa mereka buat k lantai lima GBST dulu ngecek orang kataku. Mereka mau-mau aj. Eh, baru keluar dari lift langsung disambut dua pasien siap antar. Akhrinya kita berenam(tambah mas Narto, yg mo plg bareng mBak Retno) nganter lagi. Teryata masih keluarga pasien yg barusan. Udah maen tancep aj. Saat di lift, posisiku deket ma kepala si pasien. Dan ak lihat ternyata kepalanya dekok(bahasa Indonesianya ap y??). Ak jadi gimana gitu…
Sepanjang perjalanan ak jadi diem. Untung cepet sampe.
Pulang dari bangsal ak bujuk lagi buat nganter ke lantai5, liat situasi. Kholis ga mau. Dia pulang aj, udah capek dari pagi. Sampe di lantai5 ak keluar lift, ternyata yg laen ga keluar. Oh, cm nganter ak nih…

Iya…
loh gimana sih??

Kejadian ini diketahui oleh mas Andi, Loh kalian mo pulang??

Iya.

Kalian kan baru datang??
Akhirnya bujukan mas Andi berhasil. Heni ma Kiki mau tinggal. Yes..!!! mBak Retno ma mas Narto pamit. Bye..!!
Ak duduk. Pegang makanan. Mo makan. Diingetin ma Kiki.

Td kan udah makan??
Itu kan di lantai4, di lantai5 kan belum??

Baru mau makan, dipanggil ma keluarga pasien, mas tolongin dong…!!
Karena yang laen lagi pada makan, ak nganter sendiri, lagipula keluarganya banyak kok.
Singkat cerita, baru kembali ke lantai5, ak mo makan, milih duduk di bed d sebelah Kiki. Baru akan makan, benerin posisi duduk, pintu keluar kamar operasi terbuka. Nganterin lagi nih… Nganter lagi ak, sekarang ma Kiki, Heni, n Indra (yogya, kelas 3 sma, cewek yg kelelaki-lakian). Makin deket aj ak ma Kiki. Makin aneh nih…
Pulang dari nganter tu ak betul-betul jadi deket ma Kiki. Karena ak duduk di sebelahnya (ga jadi makan, udah illfeel). Kita ngobrol-ngobrol, jadi makin deket. N makin mesra(kata si Indra) dari tadi dia ehm..ehm..mlulu. Indra mandang ak dengan muka heran(loh, kalian kan baru kenal hari ni??).
Ak juga ngerasa aneh. Ak baru kenal anak ini ga ad 4 jam yg lalu. Tp udah sedeket ini. Mang waktu itu kalo diliat, ak ma Kiki udah kayak orang yg udah lama jalan bareng. Cm ngobrol berdua, serasa lantai5 GBST barusan kami beli, jadi udah jadi milik kita. Yg laen numpang.
Widyandani Sasikirana nama lengkapnya. Kiki ternyata PA. Pencita alam. Bukan PA yg laen. Udah pernah naek 3 gunung Lawu, Merbabu, n Gede. K Yogya saat SD. Sebelum itu ad Purworejo. Dia kumpul2nya seringan ma orang-orang yg lebih tua. Temen-temen PAnya. Dia udah sering nginep-nginep ga jelas gitu. Di sekolah pembandel juga. Sering tidur d kelas. Kayak ak. Tapi ak kan cowok, dia cewek. Hubungannya ma temen-temen PAnya kayak JoCa gitu. Torang samua basudara(jadi inget ma pintu seket JoCa dulu, hiks..hiks…)
Pasien terakhir keluar sekitar pukul 22.30. Habis nganter kita pindah k IRD. Makin lengket aj ak ma si Kiki ni. Kita ngobrol2 tanpa perhatiin orang laen di sekitar. Waktu tu di hepoku ad smsms. Ad yg doain agar ak bisa dapet yg lebih baik dari pada yg smsms. Kayaknya doanya cepet terkabul. Mesti trima kasih ni ma yg smsms. Sempet
ke masjid buat sholat isya’. Ak jadi imam sholat buat si Kiki. Awalnya cuma berdua. Tp trus ad yg makmum lagi cowok. Sumpah, guys..!! Ini bener-bener pengalaman yg indah.
Balik k IRD ak terusin ngobrol ma Kiki. Heni tidur di letbelt di depan kami. Sampe ngatuk. Kiki sebenernya sih ak suruh buat tidur di letbelt aj. Tp ga mau. Milih tidur di kursi. Di bahuku. Jd makin indah malam ini. Ak juga ngantuk, saat tinggal sejengkal dari mimpi, si Indra ngomong(liat ak ma Kiki), cinta bersemi…., alah…. Jadi terbangun lagi ak. Kiki juga akhrinya nyerah. Pindah ke letbelt. Ak juga terus pindah, kumpul-kumpul ma Indra, mas Andi, n yang laen. Cerita-cerita ak. Tp yg jadi topik ak ktanya..
“Kamu kan baru kenal ma dia hari ini, kok bisa sih…??”(Indra)
“Kamu baru jadi relawan brapa hari aj udah dapat cewek, ak yg lebih lama kok belum..”(mas Andi)
Saat ak ma anak-anak ni pipis, Kiki ma Heni udah ga ad d tempat tidurnya tadi, ternyata mereka pindah ke dalam. Di ruang perawat. Ak jadi kesepian. Apalagi waktu yang laen pindah ke gedung parkir. ak jadi makin kesepian. Sebelumnya kan, ak ga niat nginep sini. Tp gara-gara si Kiki ak jadi terdampar di sini. Waktu itu Brasil-Kroasia udah mau maen. Ak cm kuat nonton setengah jam. Habis itu tertidur di letbelt yang dipake tidur Heni tadi.
Waktu ak ngelilir liat TV pas peluit akhir. Brasil menang 1-0.
Ak bangun lagi saat Subuh. Ak k dalam IRD. Cari Kiki n Heni. Mo bangunin mereka. Cos, katanya mereka mo pulang habis Subuh. Kiki kan masih sekolah. Ga ad. Ak ga tahu mereka tidur dimana. Ak k masjid aj ndiri. Habis dari masjid ak k parkiran. Cari mas Andi, Indra dan kawan2. Ga ad. Ak kembali aj k IRD. Ak cari lagi Kiki n Heni. Ak tanya ma yg ngater mereka td malam. Oh, di situ. Ak liat dari luar mereka udah bangun. Y udah, ak kembali k posko relawan. Lumayan lama ak d situ, sendirian. Nunggu Kiki keluar. Sekitar setengah enam mereka keluar. Pamitan. Janjinya siang nanti balik k sini. Ak waktu itu mo minta no hepo k Kiki, tapi ga enak ma Heni. Y udah. Kiki ucapin salam. Ak balas. Ucapan salam yang indah kedua yang pernah ak denger. Sebelumnya tanggal 20Mei juga ad yang ngasih ak salam kayak gini. Nyaris sama. Tp semoga ceritanya beda.
Ak di posko relawan lagi sendirian. Ga brapa lama. Ad si Kanin(Kanin ap Kinan y??) Ak lupa, anaknya lumayan kayak Ephy’-(mantan)nya Kucing) yg juga tidur di ruang perawat. Bentar di situ, ak diajak buat ngambil sarapan k posko Indofood Peduli. Berdua ma dia. Ternyata di situ dah rame banget yg antri. Ternyata ak disitu disuruh buat bantu-bantu dulu. Y udah. Lumayan asik kok. Bungkusin mie goreng. Ap lagi akhir-akhirnya, karena ak dapat sekotak mie bungkus+setengah telur rebus dan sebotol sari jeruk. Setelah nganter Kanin balik k Posko Relawan ak mo pulang. Ad si Kholis. Ak pesen ma dia, kalo ntar sore ad Kiki’ lagi miskol ak. Cos, ak pengen cinlok ini ga sekedar cinlok. Ad cerita lagi yang kami tulis bersama. Doakan ak y…??

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: