Leadership Training

24 Juni 2007 pukul 19:29 | Ditulis dalam Daily Prophet | Tinggalkan komentar

Suatu sore, di suatu rumah, seorang adik menyambut kakaknya yang baru pulang dari kampus.

A :Mas udah pulang. Dari mana mas…?? Kq rapi banget. Pake sepatu, pake jas. Tadi ada acara ap mas..??

K :Tadi mas ada Training LA-nya SP2MP…

A LA apa itu mas..??

K :LA itu Lemper Asin.

A :Woh, ada y mas, lemper yg rasanya asin?? Mas tadi diajari cara bikinnya??

K :Ya ga lah…!! LA itu Leadership Attitude.

A :Leadership Attitude?? Leader =tangga. Ship=kapal. Attitude = ketinggian. Train= kereta api. Jadi Training Leadership Attitude = Sedang kereta api tangga kapal ketinggian.Kq ga pas?? Ketinggian tangga kapal kereta api. Nah. In jadi bener. Mang maksudnya ap mas…??

K :Nah. Dasar kamu. Makanya kalo belajar bahasa Inggris jangan setengah-setengah. Pronounciationnya juga dipelajari.
Gini y, adikku sayang. Leader itu pemimpin. Kalo tangga itu Ladder. Kalo Leadership itu kepemimpinan. Attitude itu perilaku. Kalo ketinggian itu Latittude. Training itu pelatihan. Jadi singkatnya, Training Leadership Attitude itu Pelatihan Perilaku Kepemimpinan.

A :Oh…, mas pengen jadi pemimpin ya..?? Kayak yg di tipi-tipi itu. Jadi pejabat gitu. Hebat dong mas… Ntar kalo mas jadi presiden, aku jadi menteri perhubungan ya..?? Aku kan suka maen pesawat.

K :Kalo yg jadi menteri perhubungan kayak kamu, ntar malah kamu tabrak-tabrakin pesawat-pesawatnya. Bisa kacau transportasi Indonesia. Lagian, jadi presiden itu kan ga enak.

A :Loh, kq ga mau jadi presiden..?? Kan enak. Rumahnya di Istana loh. Makan tidur pasti nyaman.

K :Halah, kamu tu. Gimana Presiden bisa tidur enak kalo rakyatnya sengsara. Mana ada presiden yang bisa tidur pulas sementara ada tempat tidur rakyatnya yang kerendem lumpur gitu. Gimana bisa nikmati makan ayam goreng kalo inget rakyat susah makan tempe goreng karena harga minyak goreng naik.

A :Oh gitu. Pantes presiden kita itu sekarang agak kurus ya….

K :Nah makanya. Lagipula, pemimpin itu beda ma pimpinan. Kalo kayak Presiden, Gubernur, Bupati mpe Lurah itu pimpinan belum tentu pemimpin. Bisa jadi mereka kepilih karena punya uang pendukung, bukan karena mereka memang punya jiwa kepemimpinan.

A :Wah.., mas sekarang hebat. Tadi diajari gitu ya… Mang kalo Lurah yang punya jiwa kepemimpinan tu kayak ap mas??

K : Sssst jangan keras-keras..!! Gini, seorang pemimpin itu, yang penting punya visi dan mampu mengkomunikasikan visinya itu kepada bawahannya. Trus, visinya dijabarkan jadi misi dan mampu mendorong bawahannya untuk menjalankan misi-misi itu. Kalo ada masalah, pemimpin itu harus bisa mengambil keputusan yang berani dan berdasar atas kepentingan kelompoknya, meskipun hal itu membuat dia jadi dibenci sebagian orang yang lain. Contohnya Presiden waktu ngambil keputusan naikin harga BBM, dia jadi ga populer, tapi itu menurutnya demi kepentingan negara. Pemimpin itu juga harus ada ikut berjuang bersama orang-orang yang dipimpinya. kamu baca sejarah kan, tahu ungkapan Ki Hajar Dewantoro itu kan. Ing ngarso sung tulodho. Di depan, kamu memberi contoh. Ing madyo mangun karso, di tengah membangun motivasi, Tut wuri handayani, bahkan walaupun di belakang kamu masih bisa memberdayakan, mendorong orang.

A :Eh, koq ga ada Avatar ya?? Kok acaranya malah kayak gini….

K :<<sensor>>!!! Diterangin serius kok malah nonotn tv. Dasar anak kecil!!

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: