Instalasi Mikrotik

27 Desember 2007 pukul 10:14 | Ditulis dalam Blogroll | 2 Komentar

Sebelum ada yang tertipu dengan judul di atas, saya ingatkan kalo tulisan ini sama sekali tidak akan menjelaskan instalasi mikrotik. Bahkan, tiga hari yang lalu saya sama sekali tidak tahu menahu apa mikrotik itu. Sekarang udah tahu apa mikrotik itu. Tapi tetep aja saya ga tahu cara pakainya.

Jadi gini ceritanya….

Kemarin, hari Senin pagi, sekitar jam setengah sembilan pagi, adik kelasku pas SMA yang juga anak guru Matematikaku pas kelas 1 SMA, si Tika, smsms aku. Intinya, kalo saat itu aku lagi ada di Kudus dan ga ada kerjaan, si minta dateng ke SMA 1 Kudusma bapaknya. Mo diajak ikut bantu-bantu bikin jaringan.

Woh, dengan senang hati saya mau. Kapan lagi bisa mempraktekkan ilmu yang saya dapat dari kampus yang apa adanya.  Sejak dapat mata kuliah Jaringan Komputer pas Semester 3, bia dibilang saya belum mempraktekkannya. Mata kuliah Praktikum Jaringan Komputer pun jadi ga berguna karena waktu yang ga cukup(cuma 4X4 jam dalam satu semester) dan sarana yang kurang(3 komputer pentium entahlah yang dikeroyok 8 mahasiswa). Maka kesempatan itu saya manfaatkan.

Jam setengah sepuluh saya sampai di SMA 1 Kudus. Udah ada pak Nyoto dan kakak kelas saya yang namanya Hendra, Teknik Elektro Undip. Nah, setelah basa-basi, pak Nyoto tanya, “Udah pernah pake Mikrotik??”

Hah, Mikrorik?? Apa itu Mikrotik..??

Demi menyelamatkan harga diri, maka saya menjawab :

“Belum.”

Saat itu saya benar-benar mangkel pada almamaterku. Masa saya tidak pernah diajarai hal yang penting kayak gini..!! Hal yang aplikatif. Hal yang bisa diterapkan di dunia nyata. Daripada belajar mata kuliah-mata kuliah teoritis yang aku dapat B hanya karena ujiannya open book.

Hasilnya, selama tiga jam berikutnya, saya cuma ndomblong, bengong kayak orang bego. Ga dong apa pun sama yang mereka lakukan. Untungnya, saya masih bisa mengikuti omongan mereka karena saya tahu teori Jaringan Komputer dari mata kuliah Jaringan Komputer tadi. Jadi saya masih paham saat mereka ngomongin router, proxy, firewall, DNS, broadcast, IP, netmask, dan lain-lain.

Di akhir acara, saya cuma tahu, bahwa Mikrotik adalah OS yang diinstall pada komputer yang digunakan sebagai router. Udah itu aj. Tapi rasanya cukup aplikatif daripada selama 1 semester diajari Jaringan Komputer.

Sorenya, saat saya tinggal berdua di situ sama pak Nyoto, ada hal yang bisa saya banggakan. Kemampuan gugling saya yang di atas rata-rata. :p  Saya bisa mencari referensi manual Mikrotik 2.9 di internet. Dan donlotan saya itu penting untuk bisa dipelajari ma pak Nyoto.

Dan itulah hasil 5 semester saya kuliah di Universitas nomor 96 se-Asia Tenggara.

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. hai. salam kenal
    mau lebih tau aja sih sebenernya tentang instalasi ini.
    trus gimana kalo qtanya gak ngerti2 amat soal komputer. kayanya keterangan diatas pake komputer gitu.
    thanks sebelumnye.

  2. Hai juga.

    Cerita ini tentang ketidaktahuan saya instalasi program komputer.
    Gimana ya jelasinnya….

    Ada yang bisa bantu??
    Tanya Google aja deh….!!


Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

