Ini Kepala Daerah yang Baik..??

10 Februari 2008 pukul 13:10 | Ditulis dalam hanya di Indonesia | Tinggalkan komentar

Beberapa hari ini, saat nonton berita, aku bener-bener kecewa sama salah satu pemimpin daerah di Indonesia. Saat daerahnya terkena masalah, dalam hal ini banjir, beliaunya malah nyalah-nyalahin orang lain. Tercatat, tiga kali beliau melakukannya.
Yang pertama pas daerahnya kena banjir kira-kira sebulan yang lalu. Seingat saya, di sebuah bus patas, beliau mengatakan kalau beliau sudah memberi peringatan soal banjir ini sekitar 2 tahun lalu saat beliau menjadi wakil pemimpin daerah. Tapi saat itu, katanya, tidak ada yang mendengarkan beliau. Sekarang begini akibatnya…
Apakah itu sifat seorang pemimpin?? Mencari kambing hitam atas masalah yang sedang di alami..??
Seakan belum cukup, sekarang, saat banjir kembali melanda daerahnya namun lebih parah, beliau kembali menyalahkan orang lagi. Siapa sekarang?? Ya masyarakat lah.. Beliau yang saat itu berbalut busana muslim plus peci menyalahkan masyarakat yang suka membuang sampah di sungai sehingga alirannya mampet dan terjadilah banjir…!! Astagfirullah, pak..!! Anda dipilih menjadi kepala daerah bukan untuk menyalahkan orang lain, tapi gimana Anda berusaha agara orang yang Anda pimpin tidak melakukan kesalahan dan berusaha mengirangi dampak kesalahan yang diakibatkan kesalahan orang yang Anda pimpin.
Menit berikutnya, beliau sudah menyalahkan pihak lain lagi. Alam. Curah hujan yang terlalu tinggi lah, topografi wilayah yang lebih rendah dari laut lah, dan sebagainya. Kalau sudah tahu, alam tidak bisa dikendalikan, kenapa tidak membuat antisipasinya Pak..!!
Saat ada pilkada, waktu itu aku memang sudah tidak respek pada Bapak yang satu ini. tapi waktu itu aku kira itu hanya masalah penampilan Bapaknya yang ga menyakinkan aja. Yang terkesan, saya bilang terkesan, licik. Saya lebih memilih, meskipun saya tidak punya hak pilih, lawannya yang terkesan kalem. Saat Bapak itu yang terpilih, ga tahu kalau jadinya begini.
Udahlah Pak. Anda sudah berani menerima tanggung jawab saat berani mencalonkan diri dalam pilkada. Saat ini, tanggung jawab itu sudah ada di pundak Anda. Sekarang saatnya membuktikan kalo Anda bisa memikul tanggung jawab tersebut. Kalo Anda benar-benar pemimpin hebat yang bisa mengentaskan daerah Anda tersebut yang memang penuh masalah. Lebih berpandangan ke depan dengan tidak menyalahkan orang lain atas kejadian yang menganggu kepemimpinan Anda. Katakan itu adalah masalah dan Anda sedang berusaha mengatasinya.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: