Kriptologi

5 November 2008 pukul 13:57 | Ditulis dalam Daily Prophet, hanya di Indonesia, Ilmu Komputer UGM | 4 Komentar
Tag: , ,

Sejak zaman aku masih semester awal kuliah di Ilmu Komputer UGM, aku sudah aware dengan mata kuliah yang satu ini. Mata kuliah yang mempelajari sandi menyandi ini, terkenal dengan keangkerannya. Mungkin saja mata kuliah ini berasal dari daerah Maluku Selatan. Karena, pada daftar nilai mata kuliah Kriptologi ini, kita akan menemukan deretan panjang huruf D dan E, seperti pada plat nomor daerah Maluku Selatan, DE.

Aku cuma nulis aware, waspada. Tapi bukan berarti aku menghindari mata kuliah ini. Hal yang dipelajarinya, tentang rahasia dan konspirasi, jelas-jelas menarik perhatianku. Tentang hal yang berkenaan dengan nilai dan lain-lain, justru menjadikannya suatu tantangan untuk ditaklukan. Hahahaha…. (sok-sokan)

Sekarang, di semester ke-7 dalam menjalani pendidikan di Ilmu Komputer ini, aku dengan nekat mengambil mata kuliah ini. Sante aja. Tidak ada yang aku pertaruhkan di sini. Karena dengan semua SKS yang aku ambil semester ini plus TA di semester depan, aku dipastikan bisa menghapus mata kuliah ini dari transkrip jika memang hasil akhir tidak berpihak padaku.

Kemarin, hari Selasa kemarin, aku sudah menjalani mid semester mata kuliah Kriptologi ini. Dan hasilnya, ya belum tahu. Tapi overall, soal-soal yang disajikan relatif bisa aku jawab. Dengan jawaban yang setelah dicocokkan dengan teman yang laen(di luar ruang ujian tentunya, setelah ujian) hampir sama. Dimana susahnya sih Kriptologi…??

Nah, di situ masalahnya. Selama kuliah di F MIPA UGM, aku kenal dengan tipe-tipe dosen di sini. Beberapa dosen terkenal sebagai dosen yang baik hati dengan memunculkan plat nomor DjoKdja di daftar nilai, AB. Ada juga yang ditengarai memakai dadu sebagai patokan nilai mahasiswa. Jadi, jika beruntung, segoblok apa pun Anda, nilai A untuk mata kuliah tersebut bisa muncul di KHS Anda.

Beberapa dosen yang lain, sangat prefeksionis. Kesalahan sekecil apa pun bisa menghalangi nilai A muncul di KHS. Ato, mungkin lebih parah, ada juga kejadian sekelas tanpa nilai A hanya gara-gara telat 5 menit untuk ngumpulin tugas. Hanya satu cewek (yang dinilai manis) yang berhasil mendapatkan nilai B+.

Mungkin tetep ada juga dosen yang objektif dan tanpa prasangka.

Jadi, apa nilai Kriptologi ku??

<< Datang, maen, kalah

Aku mau poligami…>>>

4 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. dosene wae sing geblek ngekek’i soal, chiell. nek nganti kowe utowo komeng iso njawab, berarti soale pancen ra mutu😆

  2. aku mau ambil kriptologi ah taun depan,,,hehehe,,, moga2 dpt A…ahahaha mimpi,,,
    eh mas,,,kok gak masang web ku di blogroll??? pasang!!!

  3. dosen nya sapa sih???
    ntar liat hasil semester ni aja,.
    kalo misal mas chiell ampe dapet A,. brarti semester depan akan kurekomendasikan anak2 06 supaya ambil….
    😀

  4. mas Joe ::
    Km lulus Kriptologi mas??

    han2cute :::
    mission complete..

    gin :::
    Nah, dosennya tu dosen Matematika yang beda sama dosen Ilkom…
    Py??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: