Asal-Usul Nama Universitas Gadjah Mada

9 Januari 2009 pukul 22:46 | Ditulis dalam Daily Prophet, hanya di Indonesia, Ilmu Komputer UGM | 6 Komentar
Tag: , , , , ,

Halo sodara-sodaraku yang ngaku mahasiswa UGM alias Universitas Gadjah Mada tercinta la la la la la…. Adakah yang tahu kenapa nama UGM adalah Universitas Gadjah Mada, kenapa bukan Universitas Hayam Wuruk. Padahal kan rajanya Hayam Wuruk, Gadjah Mada cuma sekedar (maha)patih. ATo malah nama lain, Universitas Ken Arok misalnya. Kan sangar??

Gadjah Mada adalah nama yang aneh untuk sebuah Universitas. Dia bukanlah seorang pahlawan kemerdekaan Indonesia ato semacamnya. Dia “cuma” seorang (maha)pati dari sebuah kerajaan bernama Majapahit yang mempunyai cita-cita “menaklukkan” seluruh bumi Nusantara di bawah pemerintahan Majapahit. Kalau pun harusnya dipilih tokoh dari masa itu, mungkin harusnya Hayam Wuruk yang dipilih, wong dia adalah raja yang membawa Majapahit ke dalam masa keemasaannya. Dibantu oleh Gadjah Mada tentunya.

Padahal bagi masyarakat Jawa, nama adalah sesuatu yang sakral, yang merupakan wujud doa dan harapan orang tua bagi anaknya. Apa sebenarnya harapan Presiden Soekarno, yang merupakan “orang tua” bagi universitas ini waktu itu??

Ternyata, presisden Soekarno menginginkan universitas ini meneladani sikap seorang Gadjah Mada, yaitu :

  • Sumpah Palapa.

Sumpah Palapa sebenarnya adalah sumpah Gadjah Mada untuk menaklukkan kerajaan-kerajaan di Nusantara, dalam satu pemerintahan Mahapahit. Dia berjanji tidak akan makan buah palapa (yang maknanya tidak akan bersenang-senang) sebelum cita-citanya berhasil. Nah, Sumpah Palapa ini secara filosofis bisa disamakan dengan peribahasa “berakit-rakit ke hulu berenang-renang ketepian”. Mahasiswa UGM seharusnya rela bersakit-sakti dahulu dengan segala macam kampus dan dinamikanya, sampai bersenang-senang dengan karyanya nantinya…

  • Ajaran Gadjah Mada

Ternyata, Gadjah Mada punya empat ajaran dalam menjalani hidup.

  1. Yang pertama, Trisna tan satrisna. Arti sebenarnya tidak ada rasa kasih. Tidak mempunyai rasa percintaan dengan siapa pun. Namun, bisa kita artikan dengan tidak pilih kasih.
  2. Haniakan musuh. Ajaran ketiga ini artinya meniadakan musuh. Tidak ada musuh, jadi suka berteman gitu?? Tidak. Ternyata arti sebenarnya dari ajaran ini adalah tumpas dan basmi semua musuh. Rawe-rawe rantas, malang-malang putung. Mungkin itu bahasa kerennya.
  3. Selanjutnya, satya haprabu. Taat kepada penguasa. Loyalitas dan kesetiaan Gadjah Mada sebagai seorang patih Majapahit memang tidak diragukan lagi, karena dia merintis karir di Majapahit mulai dari prajurit tingkat paling rendah.
  4. Ginong pati dino. Dibuat besar setiap hari. Apanya tho?? Aku ga gitu mudeng bagian ini. Mungkin artinya kita harus berlatih dan berkembang setiap harinya. Betul ga sih??

Para founding father UGM, tentunya tahu betul hal ini. Mereka ingin universitas ini menjadi sebuh tempat didiknya Gadjah Mada-Gadjah Mada yang lain. Rakyat jelata seperti Gadjah Mada bisa menjadi orang yang besar. Dengan ketajaman visi, semangat juang, rela berkorban, kesetiaan, pengabdian, dan kesabarannya, Gadjah Mada bahkan mungkin pamornya lebih tinggi daripada rajanya. Mungkin bisa di sini juga bisa diambil kesimpulan bahwa kita juga harus menghargai seseorang karena kerja kerasnya, bukan karena asal keturunannnya.

NB : Oh iya lupa. Materi tulisan ini aku dapet dari buku berjudul “Filosofi UGM” karangan Heri Santoso, seorang dosen Fakultas Filsafat UGM. Buku ini diterbitkan oleh Senat Akademik UGM pada tahun 2008. Terus aku tulis ulang dengan bahasaku sendiri.

Cerita terkait :

Anekdot tentang nama UGM

6 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Mas tulung bantu aku cara konfigurasi drupal di hosting! Pleaze lewat mail!! Yang jelas,

  2. Bingung nie, qu gak bisa apa2. Atau kalo tau alamat web yg bhs itu!

  3. Yang “ginong pratidino” muncul dalam UTS kegajahmadaan prodi math April 2009 ini..he2.

  4. komen nmr 1 sama 2 gk nyambung blaz!!

  5. mBuh ki…
    Akhir-akhir in emang banyak orang aneh.

  6. Salam kenal.
    Ijin kopi-paste ya dik…. Trims


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: