Ambigram

6 April 2009 pukul 12:54 | Ditulis dalam Daily Prophet, Sharing | 10 Komentar
Tag: , , , , ,
chiell-ambigram

chiell-ambigram

Sepanjang sore kemarin, aku sibuk mengagumi diriku sendiri. OKeh. Ini memang bukan untuk pertama kalinya. Tapi yang jelas, hari ini aku benar-benar kagum terhadap apa yang aku lakukan.

Sekitar dua bulan yang lalu, aku selesai membaca buku Malaikat dan Iblis (Angels and Demons) karangan Dan Brown. Buku ini aku pinjam dari Cius, tapi Cius ga ada kaitannya apa pun dengan keberhasilanku ini.

Buku itu bercerita tentang Illuminati, kelompok persaudaraan ilmuan masa lalu. Ga penting cerita buku itu kayak gimana. Kalo ga salah sih, film yang diangkat dari buku itu bakal rilis musim panas ini.

Nah, lambang dari kelompok Illuminati itu adalah ambigram. Sebuah tulisan yang bentuknya sama persis, baik jika kita lihat secara normal maupun jika dibalik 180 derajat. Selain tulisan Illuminati, di buku itu juga ada ambigram untuk kata Earth, Water, Air, dan Fire.

Tak lama setelah aku selesai membaca buku itu, datang seseorang dari Program Studi Obat Alami UGM minta dibantu untuk mendesain jaket kelasnya. Kalo masalah jaket, aku sebenarnya tidak berpengalaman dalam masalah ini. Tapi, kenapa aku tidak coba saja membuat ornamen dalam jaket itu dengan ambigram.

Kata yang muncul waktu itu adalah drogue dan UGM. Saat itu, setahu kami, drogue adalah bahasa Prancis untuk obat yang berkonotasi pada kata obat alami atau tanaman herbal. Maka, ambigram yang terbentuk adalah seperti ini.

Ambigram Drogue

Ambigram Drogue

Ambigram UGM

Ambigram UGM

Bodohnya, seiring berjalannya waktu, ternyata kami tahu kalo drogue itu artinya memang obat. Tapi berkonotasi ke obat-obatan terlarang. Kalo drogue itu jadi dipakai, sama saja anak Obat Alami 2007 satu kelas akan mempromosikan penggunaan ganja sebagai jamu sakit kepala.

Trus, akhirnya kata itu diganti dengan kata lain yang panjangnya 10 huruf. Awalnya, aku males buat bikin ambigram untuk kata sepanjang itu. Hal itu berubah tadi siang. Gara-gara lagi kurang kerjaan, aku coba-coba buat bikin. Ga tahunya, karena aku menemukan font yang tepat, aku malah berhasil membuat ambigram paling cantik yang pernah aku bikin.

Medicament Ambigram

Medicament Ambigram

Medicament. Aku kurang jelas apa artinya. Sebut saja obat. Bener-bener ambigram yang cantik. Mudah terbaca dan jelas sempurna ketika dibalik 180 derajat. Tak henti-hentinya aku memandangi tulisan ini.

Ah…, aku memang hebat.

Aku memang lagi terobsesi sama ambigram ini. Aku juga membuat ambigram untuk kata chiell, QC, dan JoCa.

QC

QC

JoCa

JoCa

10 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. yo bagus2 anak muda…

  2. Tetep masih bagusan punyaku…
    DEZED!!!!

  3. hooh yang terakhir lebih cakep….

  4. aq br tw kalo itu namanya abigram..pdhl sering maen PS banyak code2 kek ginian huehue

  5. Aku pikir kowe lagi mengaggumi dirimu neng koco mas.. he..he..

    Sing Chiell Abigram bener2 bikin puyeng le ndelok..

  6. aku juga abiz baca2 semua buku2nya dan brown mulai dari da vinci code ma digital fortress jadi terobsesi ma mua simbol2 and ambigram itu sndiri, trutama setelah baca angel and demon. nyari2 contohnya soalnya di bayangin mpe ruwet juga aku msh ga bs nyetak di kepala, maklum otakku sedikit sih ya. Tengkyu ya dah nunjukin aku contoh2 ambigram. sayangnya yang tulisannya illuminati ga di coba2 bikin juga.

  7. apakah buat ambigram pke software??? apa bedanya ambigram dengan stereogram????

  8. klo maw download free ambigram font thuh gimana y??Pngin download tp ga sa….T.T

  9. bagus…

  10. wes sui yo bang? aku kmrn2 si cuma iseng.. hhe


Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

