Belajar dari Karya Seni

15 Mei 2009 pukul 23:55 | Ditulis dalam Daily Prophet, Ilmu Komputer UGM, JoCa, Nggombal..!!! | 7 Komentar

Orang-orang yang dekat denganku pasti tahu kalo kadang-kadang aku suka bersenandung ga jelas. Kalo senandung merdu sih mungkin ga masalah. Masalahnya, bagi orang lain nyanyianku terdengar fals, ga merdu, hancur, gagal, dan pengennya di timpuk pake meja.

Aku sudah tahu itu. Sejak dari kelas 3 SD, aku sudah tahu dengan jelas tentang satu hal : aku sama sekali ga bisa nyanyi. Aku ga bisa membedakan yang mana do sama re. Ngomong do aja aku ga bisa. Pasti jadinya “dho”.

Tapi bagiku menyanyi punya arti lain. Menyanyi bisa aku gunakan untuk mengangkat mood yang lagi jelek. Akhir-akhir ini efektif banget. Dengan menyanyi lagu lucu (atau dengan cara yang lucu,-caraku-) atau nyanyi lagu-lagu semacam lagunya Jikustik, aku bisa menertawakan kegagalan.

Itu baru pertama. Selain itu aku bisa belajar dari lagu tersebut. Bersama dengan Cius dan Welldan, kami sering karaoke lagu-lagu manca(ini sebenarnya rahasia, tapi orang sekosan Sendowo A7 juga udah pada tahu betapa hancurnya kami waktu nyanyi). Nah, lagu-lagu manca itu biasanya punya lirik dengan makna yang sangat dalam. Dari lagu itu, aku bisa belajar banyak hal.

Contohnya lagu Superman-nya Five for Fighting. Aku sangat suka pada lirik “Even a hero have a right to bleed“. Betapa kuatnya kita, terkadang kita bisa terluka. Seberapa keras kita berusaha, suatu waktu kita akan butuh menengok ke belakang dan ke samping sejenak untuk tahu posisi kita. Kalo untukku sangat jelas, untuk tahu dimana posisi teman-temanku. Apakah mereka masih di sampingku, tertinggal di belakang, atau jauh ke depan. Betapa kuatnya kita, kita adalah manusia yang membutuhkan dukungan dari teman yang lain. Ini sangat cocok untuk nasihat bagi seseorang di sana yang pengennya selalu sendiri.

Yang baru aku pahami hari Senin kemarin, adalah lagu “Seize the Day”-nya Avenged Sevenfold. “Seize the day or die regretting the time you lost“. He.. Benar-benar sindiran yang tepat. Berapa banyak selama ini waktu yang aku habiskan dengan tidak melakukan apa-apa. Maksudku tidak melakukan apa-apa, tidak termasuk dengan waktu yang aku habiskan untuk hal-hal aneh. Kalo yang itu aku pikir masih ada gunanya. Sejak mendengar dan mengerti lagu itu, aku jadi agak rajin. Pokoknya waktu yang ada sebisa mungkin aku gunakan untuk melakukan sesuatu yang berguna. Walaupun yang aku lakukan itu hal yang aneh dan bodoh…

Selain itu, akhir-akhir ini aku juga banyak belajar dari film seri “The Big Bang Theory”. Film ini juga berguna banget untuk mengangkat mood. Lucu banget. (Definisi lucu adalah lucu bagi orang-orang geek dan nerd). Di balik kelucuannya, film ini mengajarkan padaku arti kata “teman”. Di film seri itu, Leonard Hofstadter, Rajesh Koothrappali, Howard Wolowitz dan Sheldon Cooper selalu berusaha mati-matian menyelesaikan masalah yang ditimbulkan salah satu dari mereka. Walaupun masalah itu sangat aneh dan mengada-ada. Mereka membantu, tentu saja, dengan cara mereka yang kadang-kadang tidak menyelesaikan masalah atau bahkan malah membuatnya semakin rumit.

Itu dia yang aku pelajari. Teman tidak harus bisa selalu menyelesaikan masalah temannya yang lain. Teman cukup ada di sampingmu dan membuatmu tersenyum sehingga kamu cukup kuat untuk menyelesaikan masalahmu sendiri.

Ada yang Anda pelajari dari sinetron Indonesia??

7 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Ngomong2 tentang The Big Bang Theory dan pertemanan, kamu gak lagi bikin “The Friendship ALgorithm” kan?

  2. Ga. Jelas sekali nggak..!!

    Aku ga kayak Sheldon. Km kali…

  3. wadooh.. terenyuh hatiku.. teringat saat2 denger kamu baca syair dengan nada ga karuan (baca:nyanyi), bisa menghibur hati teman dideketnya yang lagi bedmoot loh..

    • waduh iya.. mendengar chiell *mencoba* bernyanyi sangat berguna bagi mereka2 yang sedang ingin melemaskan otot2nya
      juga bagi mereka2 yang ingin mengasah kreativitasnya guna merancang cara paling optimal untuk memastikan suaranya tak terdengar lagi

      hahahaaa

    • Waduhhh…
      si Sheldon keluarrr…

  4. kalo di liad secara luas apaan sih artinya seize the day itujangan hanya di liad dari satu lirik aj gitu tp secara keseluruhan lirik. bisa bantuin w nga?kalo bisa bales ke email w y gila_dota15@yahoo.com tq yah bos

  5. wah chiell, km dengerin ‘seize the day’ nya Avenged Sevenfold juga..
    tolonglah dijelasin tuh ceritanya apa y?? huahaha. enak didengar tuh, tp aq g ngerti :p


Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

