Antara Kudus-DjoKja

5 Juli 2009 pukul 23:27 | Ditulis dalam Daily Prophet | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

Dalam seminggu ini, udah beberapa kali orang bertanya padaku, “Ga pulang, Mas??”. Termasuk pak Barkas yang punya angkringan di dekat lapangan bulutangkis Gandok dan mas Imut, yang njaga burjo Maharasa. Waktu ada yang pertama kali tanya, aku cukup kaget juga. Oh iya, sekarang kan lagi liburan kuliah, ngapain juga aku tetep ada di DjK…??

Tapi libur ga libur kan sama aja buatku yang semester lalu emang udah ga ngambil kuliah. Tetep aja aku ga punya kewajiban untuk datang setiap hari. Lalu, kenapa aku ada di DjK sekarang?? Bukannya lebih enak ngumpul dengan keluarga di rumah.

Nah itu. Kudus memang nyaman, tapi DjK juga udah serasa rumah sendiri. Dua-duanya menyenangkan.

Secara bentuk fisik, menurutku DjK mirip Kudus. Dengan ukuran yang dua sampe tiga kali lipatnya. Kalo DjoKja punya Kaliurang, Kudus punya Muria. JaKal di DjK mirip dengan jalan k Muria lewat Dawe. Kalo DjK ke Turi lewat Monjali ke Utara, Kudus punya Rahtawu dengan lewat Gebog. Anggap saja Tugu itu Alun-alun Simpang Tujuh di Kudus, maka Kudus Plaza berada sama dengan Malioboronya DjK. Kalo di DjK ke Barat nyampe Godean, kl di Kudus akan sampe ke Jepara. Jalan Solo di DjK mirip sama jalan raya Kudus Pati. Lihat juga betapa miripnya jalan Janti dengan jalan lingkar Tenggara Kudus. Dan di Kudus, jalan k Undaan mirip dengan jalan Bantulnya DjK.

Itu secara fisik. Kalo secara sosial jelas beda. DjK dengan kota pelajar dan budaya-nya sedangkan Kudus mengakui dirinya secagai kota industri religius.

Bagiku sendiri, Kudus dan DjoKja sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. Itu yang membuatku rajin bolak-balik Kudus-DjoKja. Rencananya selama liburan ini aku bakal sering bolak-balik.

Di Kudus jelas ada rumahku. Di sana ada keluargaku, ada tivi, dan kulkas. Aku ga perlu keluar sekedar untuk makan dan jelas ga perlu mengeluarkan sejumlah uang tertentu. Setiap pagi hari ada teh anget yang bisa di minum. Malem hari sebelum tidur, aku juga pasti minum susu untuk mencoba menambah berta badanku yang ga pernah nembus angka 50 kg. Ada Ibu’ yang bisa dicurhati untuk semua masalahku. Kalo bosen, aku bisa gangguin adekku. Aku juga masih punya tanggungan ngurusi reuni akbar Jodhipati Candrasari yang rencananya diadakan Idul Fitri tahun ini.

Tapi di Kudus hanya ada Celeron 2.0 GHz milikku dulu. Aku juga mesti jauh-jauh ke warnet yang biasa aja untuk ngenet. Buku yang ada di sini pun cuma Lord of the Rings : The Two Tower yang aku pinjam dari Cius dan aku bawa ke sini. Ga ada Introduction to Expert Systems-nya James P. Ignizio yang bisa dibaca-baca sebelum aku nulis skripsiku.

Di DjoKja kondisinya jelas beda. Di kos, aku sendirian. Paling ada Atek ma Bram yang jarang di kos dan hampir selali sibuk. Aku males tiap kali udah waktunya makan dan aku harus jauh-jauh pergi ke warung.

Tapi di DjK, ada Athlon X2 5000-ku. Untuk urusan ngenet dan cari bahan skripsi, LIM UNY tidak tergantikan. Buku-bukuku semua ada di sini. Termasuk e-book. Meski ga ada tipi, di sini aku punya banyak file film yang siap menemani menjelang waktu tidurku. Untuk urusan perkejaan, jelas aku masih punya skripsi yang menunggu untuk ditangani. Selain itu, aku di sibukkan dengan Outbond UKM akhir bulan Juli ini serta beberapa kegiatan dari PPKB lainnya yang meskipun baru dilaksanakan pada Oktober tapi menuntut konsep acaranya selesai awal Agustus.

Wah… bingung!! Semuanya menarik untuk dilakukan. Aku bingung mo kemana. Antara Kudus-DjoKja. Tapi sebenarnya, ada satu motivasi yang bisa sangat menguatkan aku. Bisa sangat menentukan di mana keberadaanku nantinya. Yap, aku kan ikut kemana keberuntungan dan cita-citaku membawaku… :p

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

