Semester Sembilan

10 Agustus 2009 pukul 21:16 | Ditulis dalam Daily Prophet, Ilmu Komputer UGM | Tinggalkan komentar
Tag: ,

Tak terasa, tadi aku menuliskan “sembilan” di titik-titik di belakang tulisan Semester pada Kartu Rencana Studi yang baru. Sembilan. Artinya udah 4 tahun aku kuliah di sini dan sekarang minimal aku masih setengah tahun lagi kuliah di Ilmu Komputer Uniiverstas Gadjah Mada.

Memangnya ada yang spesial dengan angka 9? Angka sembilan memang selalu terasa spesial. Jelas karena dia adalah angka yang paling besar. Tapi ini lain. Karena kuliah S1, cuma menjadwalkan mahasiswanya untuk kuliah sampai semester 8. Kalo sampe sekarang aku masih di sini jelas aku punya pembenaran untuk itu.

Aku punya alasan resmi dan logis untuk membenarkannya. Semester ini, aku mo ngambil mata kuliah “Sistem Informasi” dan “Grafika Komputer”. Mata kuliah yang menurutku penting dan dasar bagi seseorang yang kuliah di Ilmu Komputer UGM. Aku ga mengulang. Mata kuliah ini bener-bener baru aku ambil semester ini. Dan sebenarnya, tanpa mengambil  kuliah ini, aku pun sebenarnya udah bisa lulus (asal skripsiku juga udah kelar). :p

Kurikulum di Ilmu Komputer UGM menawarkan 199 SKS yang bisa diambil oleh mahasiswa padahal hanya 144 SKS yang dibutuhkan untuk bisa mengambil gelar S.Kom di sini. Anda hanya diwajibkan mengambil dan lulus semua mata kuliah dan mata kuliah wajib minat plus beberapa mata kuliah pilihan sampai SKS Anda mencapai 144. Jadi sebenarnya, mata kuliah wajib minat yang bukan minatku, bisa aku abaikan dan cepat-cepat cabut dari sini.

Ada empat minat di Ilmu Komputer UGM. Sistem Informasi dan Multimedia (SIM), Komputasi, Sistem Komputer dan Komunikasi Data(SKKD), serta Sistem Cerdas. Nah, aku mengambil minat Sistem Cerdas. Bagiku, mata kuliah Sistem Informasi yang merupakan mata kuliah wajib minat SIM dan mata kuliah Grafika Komputer yang di bawah minat Komputasi tidak wajib aku ambil dan lulus. Tapi apa kata dunia nanti kalo di transkripku tidak ada mata kuliah Sistem Informasi?? Juga Grafika Komputer?? Lagipula aku juga pernah dapat isu kalo hal2 semacam ini, bisa menghambat peluangku mendapatkan beasiswa S2 di luar negeri. Yah, walopun semua itu agak jauh, tapi itung2 aku berjaga-jaga.

He.. Ini alasan resmiku. Meskipun alasan sebenarnya, aku merasa tidak punya cukup kemampuan untuk bisa menyelesaikan skripsiku dalam 1 semester. Dosenku, BU Sri Hartati juga udah bilang kalo sebenarnya, target untuk menyelesaikan skripsi bagi mahasiswa S1 memang 8 bulan. Melegakan. Dan sebuah pembenaran.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

