Butterfly Effect

12 Agustus 2009 pukul 21:43 | Ditulis dalam Blogroll, Nggombal..!!! | 3 Komentar
Tag: ,

Coba ingat2.. Ada ga satu kejadian kecil, mungkin suatu kesalahan kecil di masa lalu, yang akhirnya mengubah keseluruhan jalan hidup kita. Mungkin kita tidak memperhatikan. Tapi satu kesalahan kecil di masa lalu, bisa benar-benar merubah keseluruhan jalan hidup kita ke depannya.

Ini namanya hukum Butterfly Effect. Dalam hukum ini dikatakan bahwa kepakan sayap seekor kupu-kupu kecil di China, entah bagaimana bisa menyebabkan badai di Amerika. Kepakan sayap seekor kupu-kupu yang hanya lemah saja, ternyata menyebabkan perubahan pada atmosfir. Dan efek berantai sekaligus dominonya, menyebabkan badai di belahan bumi lain.

Ini bukan cuma teori omong kosong. Aku benar-benar merasakannya. Satu kesalahan kecil, ternyata bisa berefek benar-benar buruk. Kemarin, gara-gara kesusu dan kemudian tidak pipis sebelum pergi keluar, ternyata bisa menyebabkan kehancuran dan kacaunya hidup serta pekerjaanku selama seminggu berikutnya. Seakan-akan tidak mungkin. Tapi jika Anda tahu kejadian lengkap dan persisnya, Anda akan setuju denganku bahwa semua ini sesuai dengan Butterfly Effect. Mungkin kita bisa mencari contoh lain yang nyata di kehidupan kita sendiri.

Butterfly effect ini, ternyata bisa dilihat dari sudut pandang yang lain. Kalo ini, aku dapat dari film berjudul “The Oxford Murders”. Sebuah film yang bagus. Ada quote dari film itu yang berbunyi “We’ve been hear about that damn butterfly for decades, but who has been able to predict a single hurricane??” Jadi sekarang, setelah aku tahu kalo sebuah kesalahan kecil dan sepele bisa menghancurkanku, tetap saja aku melakukan kesalahan kecil lain.

Aku sudah belajar dari peristiwa minggu kemarin. Aku menghindari kesalahan “kecil”ku itu. Tapi ternyata, aku melakukan kesalahan kecil lain yang menyebabkan kehancuran yang sama. Aku sudah tahu tentang kupu-kupu itu, tapi tetep saja aku tidak bisa memprediksi datangnya badai…

Tapi aku tetep suka dengan Butterfly Effect ini. Karena aku juga pernah menemukan satu lagi sudut pandang lain dari teori ini. Dari buku Animorphs. Dari sudut ini aku menjadi kupu-kupunya. Aku memang ga tahu kapan aku bisa menyebabkan perubahan besar di belahan dunia yang lain. Yang aku tahu, aku hanya berusaha mengepakkan terus sayap kecilku dengan sebaik-baiknya sambil berharap yang aku lakukan ini berguna untuk mengubah sesuatu. Aku akan terus berusaha. Melakukan hal yang mungkin sama sekali tidak disadari orang lain dan berharap yang aku bisa mengubah keseluruhan jalan hidupku menjadi lebih baik.

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. macam judul film aja😀
    BE1 & BE2

  2. info baaner

  3. eBuddy


Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

