Uthak-uthik Gathuk

18 Januari 2011 pukul 12:06 | Ditulis dalam hanya di Indonesia | 1 Komentar

Soraya, salah satu temen kantorku, suka protes kalau ak ngobrol ma temen2 yang laen pake bahasa Jawa. Menurutnya, setelah Sumpah Pemuda, harusnya kami juga menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Ga seharusnya ketika Soraya berangkat kantor di Jakarta, merasa sedang berasa ada di Jogja gara2 mendengar banyak percakapan dalam bahasa Jawa.

Tapi faktanya, 42 % penduduk Indonesia adalah suku Jawa. Di antara 700 lebih bahasa yang ada di Indonesia, bahasa Jawa digunakan oleh sekitar 84,3 juta mulut. Cuma kalah dengan bahasa Indonesia itu sendiri.

Sebenernya bukan bermaksud kedaerahan kalo aku lebih suka ngomong dengan bahasa Jawa daripada bahasa Indonesia. Tapi, lidah ini lidah asli Jawa. Ngomong pake bahasa Jawa aja dialekku sering di anggap aneh oleh sesama orang Jawa. Apalagi kalo harus ngomong Indonesia. Makanya aku jadi lebih nyaman memakai bahasa Jawa sebagai bahasa lisan kalo ngomong dengan Sigit Bobby, mas Bram, dan orang-orang Jawa lain di kantor.

OKeh, aku menyiapkan pembenaran yang lebih baik untuk ini, aku ingin melestarikan budaya Jawa. Kalo ak, seorang yang lahir, besar dan berkembang sebagai seorang Jawa tidak memakai bahasa Jawa dalam pergaulan sehari-hari, lalu siapa yang akan pakai bahasa Jawa?? Hanya saja, memang pergaulanku sekarang ada di Jakarta, tempat berkumpulnya berbagai macam suku bangsa di Indonesia.

Jadi, Soraya tampaknya harus tetap bersabar mencari subtitle untuk setiap percakapan dalam bahasa Jawa yang kami lakukan di depannya. Atau, mungkin ada ide lebih baik agar Soraya juga belajar bahasa Jawa.😀

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Mungkin beliau butuh privat? Mau bahasa Jawa apa Java ane siap deh… >:)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: