Ketika Panggilan tak Kunjung Datang (bagian-2)

4 Juli 2011 pukul 10:49 | Ditulis dalam PC Plus | Tinggalkan komentar

Memanfaatkan Waktu “Luang”

Bagian Sebelumnya : Ketika Panggilan tak Kunjung Datang (bagian-1)

Terus-terusan meresapi bahwa sekarang Anda sekarang menganggur hanya akan membawa dampak buruk bagi kondisi kejiwaan Anda. Stress dan depresi justru akan membebani langkah Anda dalam mencari pekerjaan. Akibatnya semangat Anda akan menurun dan justru malah ogah-ogahan dalam mencari kesempatan.

Agar tidak terus terbebani pikiran seperti itu, Anda perlu memanfaatkan dengan baik masa-masa menunggu ini. Selama Anda menunggu, Anda dapat melakukan banyak hal yang berguna baik untuk diri Anda sendiri maupun untuk orang lain di sekitar Anda.

Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti kursus singkat untuk menambah keahlian Anda. Anda bisa mengambil program kursus seperti belajar pemrograman atau jaringan. Kursus singkat seperti itu bisa mengubah ilmu teori Anda dari universitas menjadi keahlian praktik yang nyata. Selain mengikuti kursus yang terkait dengan pekerjaan, Anda juga bisa mengikuti kursus yang sifatnya pelengkap keahlian Anda seperti kursus bahasa.

Selama masa menunggu itu, Anda juga bisa mengerjakan proyek pribadi. Mungkin Anda mempunyai rancangan software atau website. Nah, saat ini adalah saat yang tepat untuk mewujudkannya. Saat Anda mengerjakan proyek pribadi, Anda bisa menuangkan segala idealisme Anda di situ tanpa harus dibatasi oleh orang lain. Dan tentunya, selain menambah skill, hasil dari proyek pribadi itu bisa menjadi salah satu portofolio Anda.

Pilihan lain yang bisa sangat menyenangkan untuk dicoba adalah dengan melakukan proyek sosial. Di Indonesia, di banyak tempat, keahlian di bidang TI masih banyak di cari. Dan kebanyakan LSM atau lembaga sosial lainnya biasanya sangat membutuhkan orang yang punya keterampilan di bidang ini namun seringkali tidak punya cukup uang untuk membayar. Kalau hal itu terasa muluk-muluk untuk di lakukan, Anda bisa juga melakukan “kerja sosial” hanya dengan membantu memperbaiki PC teman atau tetangga Anda yang rusak. Jangan pernah meremehkan hal seperti ini. Karena hal-hal baik kadang datang dari tempat yang tidak terduga. Mungkin saat kerja sosial Anda bertemu dengan orang yang kenal dengan manager sebuah perusahaan yang sedang membutuhkan orang IT.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: