Membangun Jembatan Melewati Jurang

31 Januari 2012 pukul 10:49 | Ditulis dalam Ilmu Komputer UGM, PC Plus, Sharing | Tinggalkan komentar
Tag: ,

Baca Dulu :  “Kampus dan Industri : Ada Jurang di Antara Kita

Gap antara keterampilan yang di dapatkan di univeritas dengan dunia nyata terlihat begitu besar. Jadi apakah benar kalau sarjana komputer memang tidak “siap pakai”?

Jawabannya bisa ya bisa tidak. Seperti yang dijelaskan di artikel utama, universitas tidak akan cukup cepat untuk membuat kurikulum yang up-to-date terhadap perkembangan teknologi. Selain itu, memang ada beberapa keterampilan dan pengetahuan yang baru bisa didapatkan setelah berhadapatan langsung dengan masalah nyata di dunia kerja.

Walaupun tidak bisa dihilangkan, jurang pemisah itu harus bisa diperpendek. Sungguh naif jika mahasiswa hanya menunggu langkah dari universitas atau perusahaan. Harus ada inisiatif untuk melakukannya sendiri.

Proyek Lintas Jurusan

Setiap tahun, pemerintah, universitas, maupun hibah banyak menyediakan dana hibah untuk penelitian mahasiswa. Nah, alih-alih mengerjakan penelitian untuk bidang informatika, kerja sama dengan mahasiswa dari program studi lain akan memberikan lebih banyak manfaat dan bekal untuk dunia kerja nantinya. Cobalah untuk membangun sebuah sistem sebagai solusi teknologi informasi bagi bidang lain seperti ekonomi, psikologi, farmasi, atau bahkan peternakan dan kehutanan.

Selain untuk belajar membuat sebuah sistem, kerja sama dengan user dari bidang lain akan memberikan pengalaman baru. Memberikan pengertian kepada orang dari bidang lain tentang apa yang bisa dan yang tidak bisa dilakukan komputer saja merupakan hal yang susah. Untuk membangun sistem berdasarkan kebutuhan mereka akan memberikan manfaat yang nyata yang dapat dirasakan nantinya saat sudah terjun ke dunia kerja yang sebenarnya.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat yang sama antara lain kerja praktek, mengikuti organisasi, dan kuliah kerja nyata.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: