BBM Tersedia untuk Android dan iPhone, Akankah Anda Menginstall-nya?

15 Mei 2013 pukul 15:37 | Ditulis dalam Sharing | Tinggalkan komentar
Tag: , , , , , ,

BBM for Android and iOSDalam acara BlackBerry Live 2013 malam kemarin, BlackBerry mengumumkan ketersediaan aplikasi andalan mereka, BlackBerry Messenger (BBM) untuk platform Android dan iOS pada musim panas nanti. Sekitar Juni 2013 nanti, pengguna Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke atas dan iOS 6 ke atas, akan dapat mengunduh aplikasi BBM ini.

Isu adanya aplikasi BBM untuk platform lain selain BlackBerry OS ini sebenarnya sudah merebak sejak tahun lalu, saat masa depan RIM (nama perusahaan ini sebelumnya) diragukan karena penurunan minat konsumen terhadap handset BlackBerry. Tetap saja, berita ketersediaan BBM untuk platform ini cukup mengejutkan karena bagi sebagian orang, aplikasi BBM adalah alasan satu-satunya kenapa mereka masih menggunakan handset BlackBerry. Dengan adanya aplikasi BBM untuk Android dan iOS, sebagian orang akan dengan senang hati melepas smartphone BlackBerry mereka dan menukarnya dengan Android atau iPhone.

BlackBerry adalah sebuah perusahaan produsen handset yang bangga dengan platform mereka sendiri, terutama sistem operasi teranyar mereka, BB10. Membuat aplikasi yang berjalan untuk platform lain, mungkin sama seperti halnya dengan Suzuki membuat suku cadang untuk Honda. Mereka mengakui bahwa platform mereka, saat ini kalah bersaing dengan Android dan iOS.

Sambil berharap konsumen tertarik kembali kepada BB 10, bisa jadi BlackBerry sedang mengembangkan sebuah skema bisnis lain berbasis ekosistem BBM, sosial media dengan 60 juta pengguna aktif setiap bulannya. Apalagi semalam BlackBerry juga mengumumkan adanya BlackBerry Channels, sebuah konsep dimana pengguna BBM dapat mengikuti update dari artis, grup, brand atau entitas lain yang menarik bagi mereka. Dengan lebih banyak pengguna lagi tanpa harus terikat dengan platform tertentu, BlackBerry bisa melakukan strategi monetasi pada BBM.

Install atau Tidak?

Masalahnya, apakah pengguna Android dan iPhone akan mau menginstall BBM pada smartphone mereka? Pertanyaan ini tentu saja harus menunggu fitur apa yang ditawarkan oleh BlackBerry dalam BBM untuk Android dan iOS. Menurut BlackBerry semalam, awalnya BBM akan menyediakan fitur pesan dan grup, meskipun nantinya, mereka juga akan menambahkan fitur-fitur lain seperti pesan suara dan berbagi layar, termasuk BBM Channels.

Saat berbicara masalah fitur ini, kita tidak lagi berbicara tentang platform dan persaingan antara BlackBerry dengan iOS dan Android, tetapi membandingkan BBM dengan aplikasi messaging lainnya seperti WhatsApp, KakaoTalk, Line, WeChat dan lain sebagainya. Seperti kita tahu, selain fitur tukar menukar pesan, aplikasi-aplikasi chatting tersebut menawarkan fitur unik lain seperti sticker, emoticon, pesan suara, hingga games. Mau tidak mau, BBM harus punya fitur sama atau fitur menarik lainnya untuk membuat pengguna Android dan iOS berpaling dari aplikasi messaging mereka saat ini.

Saya sendiri saat ini menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi messaging satu-satunya di smartphone saya. Buat apa menggunakan banyak aplikasi messaging kalo orangnya ya itu-itu saja. WhatsApp saya pilih karena ringan, selain karena banyak teman yang juga menggunakan aplikasi ini. Jika dibandingkan dengan BBM, mungkin kekurangan WhatsApp hanya satu, tidak ada fitur Recent Updates. Fasilitas Recent Updates inilah yang membuat BBM begitu sosial karena dengan cepat pengguna dapat mengetahui status atau gambar profil terbaru dari teman-temannya.

Sekarang kita kembali pada judul, jika BBM akhirnya benar-benar tersedia untuk Android dan iOS, akankah Anda akan menginstallnya? Seperti yang telah saya sebutkan dalam paragraf sebelum ini, kunci dari sosial media yang saya gunakan adalah jumlah dari teman-teman saya yang menggunakan sosial media tersebut. Saya menggunakan sosial media sebagai alat untuk tetap terhubung dengan teman-teman saya sekarang, bukan untuk membangun jaringan pertemanan yang baru. Jadi, jika teman-teman saya (termasuk beberapa yang sudah menyerah dengan BlackBerry) menggunakan aplikasi BBM ini sebagai pengganti aplikasi messaging mereka, tentunya saya juga akan beralih untuk menggunakan aplikasi BBM.

Untuk meraih saya sebagai pengguna, BBM sudah mempunyai keuntungan karena banyak teman dan kolega serta pacar saya masih menggunakan BB. Jumlah pengguna existing mereka akan menjadi dasar bagi orang lain untuk ikut menggunakan BBM. Selain itu, saya yakin saat aplikasi BBM dirilis untuk Android dan iOS, banyak orang akan meng-install aplikasi BBM ke dalam smartphone mereka dengan alasan untuk coba-coba. Apakah mereka akan betah untuk menggunakannya lagi atau tidak, tentunya itu tergantung pada fitur yang ditawarkan oleh aplikasi BBM itu sendiri. Tentunya seberapa sering pengguna menerima broadcast test contact juga akan menentukan kepuasan pengguna dalam menggunakan BBM selain faktor sering matinya layanan BBM.

Bagi Anda yang memang mempunyai smartphone yang kompatibel dengan BBM nantinya, tiada salahnya untuk mencoba merasakan aplikasi yang digandrungi jutaan orang ini. Betah atau tidak, biar kepuasan Anda yang menentukan.

Sumber Gambar : [Domadis]

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: