Selamat Hari Ibu, Untuk Ibu-Ibu yang Anaknya Nggak Korupsi

22 Desember 2013 pukul 20:32 | Ditulis dalam Daily Prophet | Tinggalkan komentar
Tag: , , , ,

Sungguh menarik kerja yang dilakukan oleh Anies Baswedan dalam rangka hari Ibu. Untuk mengurangi korupsi, Anies akan mengajak para ibu untuk mengingatkan anak mereka agar mereka tidak korupsi. Karena, menurut Anies, hanya para ibu yang bisa menjewer mereka.

“Di hari Ibu, saya mengajak para Ibu untuk mengingatkan anak-anaknya dan katakan bahwa rahim Ibumu tidak untuk melahirkan calon koruptor. Hargailah ibumu.”, sungguh mengharukan. Begitu yang dikatakan Anies seperti yang dikutip oleh Kompas.

Kowe ora Korupsi tho?

Minggu lalu saya baru saja dapat cerita dari salah satu senior di kantor yang kini bekerja untuk Kantor Wilayah Yogyakarta. Mas Ju, biasa saya panggil beliau, adalah pemuda asli Sewon, mBantul. Untuk biaya kuliah mas Ju dan saudara-saudaranya sampai selesai, orang tua mas Ju memelihara dan menjual ternak-ternak mereka.

Mas Ju yang kini sudah bisa dibilang sukses, bercerita ketika dia pertama kali memiliki mobil. Demi mendengar mas Ju bisa punya mobil lebih cepet daripada kakak-kakaknya yang udah duluan kerja, ibu mas Ju langsung menelepon mas Ju dan bertanya, “Kamu ga korupsi tho?“. Tentu saja, tidak. Mas Ju bisa beli mobil karena memang gajinya mencukupi untuk itu.

Ati-Ati

Dalam sesi telepon dengan ibu saya di rumah, seringkali diakhiri dengan pesan ibu agar saya berhati-hati. Arah dari pesan tersebut adalah agar saya berhati-hati untuk tidak mengambil yang bukan hak saya, karena ibu saya juga tahu, jenis pekerjaan saya -dan juga mas Ju- memang punya potensi godaan yang banyak.

Pesan yang diulang-ulang dan ditekankan seperti itu, tentu saja menjadi motivasi tersendiri untuk selalu berhati-hati agar tetap bersih. Apalagi sekarang hukuman untuk korupsi begitu menakutkan. Maukah Anda menghabiskan 18 tahun usia produktif Anda terkungkung di balik penjara dan kemudian keluar penjara mendapati diri Anda dalam keadaan miskin? Hiii, sungguh bikin merinding.

Jadi, maukah rahim ibu Anda adalah rahim yang mengandung dan melahirkan seorang koruptor?

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

