chiell

Apa yang pengen mereka tahu tentang chiell.
OKeh..!!

Kamis malam, 20 November 1987, seorang bayi mungil nan lucu lahir ke dunia. Menurut orang Jawa, anak ini lahir pada hari pasaran Jumat Legi, pasaran yang sama dengan waktu gendruwo lahir. Beberapa hari kemudian, orang-orang (kakek, bibi, paman, nenek, tetangga, pakdhe, budhe) dengan semangat berebut untuk memberi nama dan doa mereka kepada bayi yang bahkan belum bisa membaca itu. (Ya iyalah..). Akhirnya, jalan tengah untuk memakai semua sumbangan nama itu d ambil. Hasilnya, nama bayi itu lebih panjang daripada panjang tititnya waktu itu. Muhammad Andi Miftachul Huda.

Nama Muhammad selain untuk mendeklarasikan bahwa bayi itu beragama Islam, juga agar bayi itu kelak akhlaqnya, (semoga) tidak jauh dari junjungan itu. Andi adalah usul dari sang nenek dari Ayah yang menginginkan semua cucunya mempunyai gelar kebangsawanan. (Sepupu sang bayi yang lahir dua hari kemudian mempunyai nama Patricia). Miftachul Huda berarti Pembuka Petunjuk.

Setelah sang bayi gedhe dan bisa mikir sendiri (dan tititnya sudah lebih panjang daripada namanya), merasa kalo nama itu terlalu berat untuk disandang. Belum pantas rasanya orang yang nulis titit d blog memakai nama sepanjang dan sebagus itu. Akhirnya, dipilihlah satu nickname, chiell. Kata yang terkesan imut dan lucu ini berasal dari kata Ucil, atas dasar keusilan dan ukuran tubuh anak yang memang tergolong kecil.

Suatu saat, anak kecil itu sudah lulus dari SMA 1 Kudus, SMA paling terkenal (mahal) seantero kota kecil di kaki gunung Muria. Untuk bisa menyandang status mahasiswa, jalan yang dipilih adalah melalui Ilmu Komputer UGM. Anak ini memilih jalur ini karena menurutnya paling sesuai dengan minatnya yang tertarik dengan komputer. Mungkin karena komputer adalah satu-satunya yang tidak mempermasalahkan ukuran tititnya.

Di UGM yang kebetulan lokasinya di Yogyakarta, mahasiswa cupu ini pelan-pelan mulai belajar untuk berkembang. Dengan penuh kesadaran bahwa kelas bukanlah satu-satunya sumber ilmu, bergabunglah sang mahasiswa cupu ini ke Himpunan Mahasiswa Komedi Komputer UGM. Berbekal rambut gondrong dangdut dan icik2, sang mahasiswa mendapatkan sebutannya sebagai pengamen, yang dari kata ini lah dia mendapatkan nama depannya, Mamen. Selaen gara-gara rambutan gondrong ga karuan, juga karena kebiasaannya suka nyanyi-nyanyi berbekal satu atau dua nada, mirip kebanyakan pengamen jalanan lainnya.

Meskipun tampangnya cukup aneh sampai dikatakan pengamen dan mirip ketua Kaipang dari serial Legend of Condor Heroes, sempat terdengar isu melegenda yang menyebutkan bahwa mahasiswa ini ternyata laku dipekerjakan cewek dimana-mana. Sampai pada akhirnya, dicap sebagai playboy cap kaki tiga. Setelah itu, setiap cewek yang dikenalin ke dia di lingkungan Himakom, diembel-embeli kata-kata, “Ati2..”. Padahal malaikat juga tahu, siapa sebenarnya buayanya…

Selama di Ilmu Komputer UGM juga lah, mahasiswa ini mempunyai beberapa hal yang dia sebut sebagai achievement. Salah satu di antaranya adalah sukses terkunci di kamar mandi waktu acara keakraban Himakom di sebuah villa di waduk Sermo. Disebutnya hal ini sebagai prestasi adalah karena mahasiswa sok cerdik ini berhasil membobol engsel pintu kamar mandi. Achievement lain yang dibanggakan sang mahasiswa adalah berhasil memimpin sekelompok team kreatif yang hanya berjumlah 8 orang untuk menerbitkan majalah komputer ITMagz edisi keempat. Selain itu, sang mahasiswa juga berjasa sebagai kiper team futsal Underbunny yang bisa memberi satu-satunya gelar juara bagi Himakom di tingkat fakultas MIPA.

Perlu perjuangan keras sampai akhirnya, sang mahasiswa punya titit yang panjang memperoleh gelar sarjana. Untungnya, gelar kesarjanaan itu tidak pernah diembel-embeli seperti, Sarjana-Komputer-yang-tidak-bisa-koding atau Sarjana-Komputer-yang-Mantan-Kiper-Cadangan-Timnas-Futsal-MIPA-UGM. Gelar sarjana ini, tetaplah Sarjana Ilmu Komputer.

Meskipun selama menjadi mahasiswa lebih tertarik kepada mengajar dan menulis, realita juga lah yang akhirnya membawa sang sarjana ke ibukota Indonesia.

Dan, di sini lah akhirnya aku. Dalam hirup pikuk sorak sorai riuh rendahnya Jakarta. Masih mencoba membedakan antara dunia kerja dengan dunia mahasiswa. Masih juga belum bisa pipis secara lurus lepas dari dunia kanak-kanaknya. Mencoba tetap bertahan dengan sifat kanak-kanak yang selalu butuh bantuan di tengah sombongnya gedung-gedung bertingkat di Jakarta. Berharap suatu saat, akan cukup kuat untuk benar-benar punya nama Muhammad Andi Miftachul Huda.

76 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. ndesoooooooooo……….
    hwakakakakakakaka!!!

  2. jangan ragu.. udah taun kedua kok hihi..
    Pantesan kamu orangnya cuek..??
    alah sok tau.

    Aku juga bisa diajak ketawa kapan aja. Huaha…

  3. joesatch:
    Lah.. pancen ak wong ndeso…!!
    Lagi ngerti tho…

    arif komB:
    cuek..?? Eng…
    Ketawa aja yuk sekarang. 1..2..3..
    wakakakakakak……. :))

  4. wah..profile dah diganti….. wingi ketok’e ono bagian menjabat tangan bapak mertua yo?? kok dihapus??

  5. wah..profile diganti….. wingi ketok’e ono bagian menjabat tangan bapak mertua yo?? kok dihapus??

  6. ZenoX :
    Iya emang. Habis kelihatan aneh. Dan waktu itu kan ak majang nama. Takut kalo yang punya nama di cari banyak orang yang cemburu ma dia. :p

  7. Salam kenal…, saya kesasar ke sini karena iseng-iseng searching ambalan Jodhi-Candra SMAN 1 Kudus di google. Eee…, ternyata nyasar ke dunia mayanya alumni Jo-Ca juga… Sekali lagi salam kenal.

  8. Chielllll…….🙂

  9. pacar boleh banyak, istri hanya satu…
    Hwa hahahaha…
    Nomor berapa ya?

  10. saya juga interisti.

    salam kenal ya.

    sukses terus inter.

    ntar malam lawan liverpool.

  11. kalah 0-2.
    bisa mbales ga ya….

  12. mas inter udah kalah ma liperpoolFC… emang sakit yach kalo tersingkir…

    salam kenal
    http://blog.its.ac.id/abimanyu82neitsacid/

  13. Salam kenal dr padang….
    Internisti is d bes la

    Bravo Intermilan

    Scudeto

  14. kancane Joe, Trojan, Aday, Alle dan sebagainya yo?

  15. Kanca??

    Eng…..

  16. Salam kenal. Terima kasih udah mau mampir ke blog saya ya…

  17. Salam kenal juga.

    kan salah satu tujuan nge(go)blog buat menjalin silaturahmi sesama (go)blogger.

  18. Perenalkan saya Mas..
    Saya alumni SMA 1 Kudus juga, tapi sudah lama, kakak kelasnya Mas Faiq. Saya lahir di Colo Muria sekarang jadi guru di SMA 1 Kendal. Saya lulus SMA 1 Kudus sepuluh tahun SMAL (Sebelum Mas Andi Lahir). Kenangan saya tentang SMA 1 Kudus banyak sekali, yang saya tulis di komentar blognya Mas Faiq. Selamat berjuang, jangan nJomlo lama2. Mas Andi seumuran dengan anak saya. Alhamdulillah sekarang kerja di Huawei.

  19. Salam kenal juga, Pak…!!

    Alhamdulillah dengan nge-blog bisa dapat kenalan banyak n nyambung silaturahi.
    Insya Allah nambah rezeki dan memperpanjang umur. :p

  20. Waaahhhhhhhhhhh…………
    Kq g crt,,,
    Turut B’dka dch…

  21. lam knal dr arek jatim….!!!!!!
    hlg 1 tmbuh 1000. aq menantimu…..:)
    km lucu deh…..,

  22. Lina ::
    Kamu kq pake nama Lina??

    Widi:::
    Punya seribu pacar??? Ga mau ah…
    Ribet… :p
    Lagian setahun kan cuma ada 365 hari.

  23. CHIELLL U LUCU BANGET SIH,,,,,

  24. woeh hebat juga ente,thanks

  25. LUcu, hebat….??

  26. Betul, tahu banyak dr sdikit hal lbh bagus dr sdikit tahu dr banyak hal. Sama jg kaya tmen,dikit tapi dkat lbh berarti dr banyak tp cuma skedar lewat.
    Salam kenal y, sama2 ilkomp ugm, and jg berimajinasi tinggi abt harry potter (bru tau ada yg sehobi,hehe)

  27. halo orang ugm

  28. sebenarnya minat ga’ sih belajar komputer, koq ragu-ragu?

  29. Yah, ketemu lagi di sini. Ohy. Mas, namanya kepUanjangen buAnget sehingga banyak yg g apal. Yang ada di otak mereka hanya Chiell dan Chiell, susah untuk ngapalin nama yang panjangnya L^2. Btw ceritanya bagus banget, antara nyambung dan g nyambung. Tapi itu malah membuat cerita jadi seru. Met berjuang, semoga tetap merdeka, n happy blogging. Sebelum mengakhiri tulisan ini, aku ijin mau ketawa dulu yah!!😉 Hhhh……99x. (Inget pas baca mantra teruZ bawa pulpen, ternyata itu lucu juga)

  30. Aji n Zaenal :::
    Halo juga Bapak. Orang UGM juga…??
    Minat sih, tapi susah.

    Berjuang…!!

    demoze :::
    Itulah gunanya chiell. Biar lebih mudah diinget.
    Eh, mbok kalo komen pada tempatnya. Biar ga dikira sampah….

  31. aslkm…maaf pak..lama ga ngasih kabar. sibuk bgt c gak tp aq kn skrng ud jd bu guru…murid2 aq ank2 stm lg…hahaha..kbayang kn gmn rasany ngadepin ank2 stm !!! suwon…pujianny..alhmdllah ad yg merhatiin..tp tujuanny mah bkn spya fisikny aj tp psikisny jg…doain yak…
    kkn mu ud slsai ya?? gmn rasany?? crita2 dong…

  32. dari 20 november ke 24 desember…bused korupsinya akeh tenan yaa…

  33. Kenyo :::
    Cuma 35 hari kq. Selapan kalo orang Jawa bilang…

  34. woi Bang!!!!!!!

  35. bang lama ndak jumpo!!!!!
    oh yow wis mbok ndeloki blog q????
    piye Bang?
    njelehi a?

  36. thnks
    atas part isipasinya

    yuk2222
    bye

  37. bang seng rameeee tah……Hampir ada MUSYAM

  38. wah chiel, aq tw nama panjangmu yg baru, gimana klo chielakan buang sampah ditempatnya. salam kenal ya, aq tw blogmu dari komenmu yg ada di blognya wim about PSK, ups emang beneran klo km punya cukup uang mw jajan ma mereka?

  39. riza :::
    Nyampah wae kowe Za…
    :p

    faik :::
    Semangat dong..!!

    yaliyajilbaber :::
    Maksudnya, untung aja sanguku cekak. Kalo sanguku berlebih, mungkin aja berpikir untuk menghabiskan uang dengan cara yang aneh2.

    Salam kenal juga…

  40. wihiii,maap2
    aq rak ndwe pulsa iki bang!
    yo rak iso maen sms donk,
    Insya Allah,bsuk Sebelum masa kartunya kobong tak sms kmu aja,:)
    alhamdulillah,Musyam udah selesai terimakasih atas bantuan dan partisipasinya,:)
    he opo,blog q gak iso! lha wong gawene tak bukak kokk Bang!!!.^.
    oh yow!kue di goleki bantara kelas 11(tapi bukan cwek),mbuh bener tah ora kabar mau heeeee.
    lho panjengan pindah kuliah??jarene Ning UNY??,:0

  41. TAMBAHAN BLOG q tak gawe lwt blogger!buakn lewat wordprees!
    thankz

  42. RIZA :::
    Blog mu alamat’e opo Za…??

    Sing nggoleki aku suruh smsms ak. Aku masih lama pulangnya soale..

    Tulisanne diwoxo sing lengkap tho. Aku blm jadi pindah UNY koq…

  43. oooooo
    ngono tho…..
    jiannnn mau sekolahan digruduk karo Polisi,weh pada pamer AKPOL gitu!!!!
    walah marai wong ngelu wae,mosok kudu S1,lagek bisa masuk angkatan pistol INDONESIA RAYA merdeka2 .^.
    yo,kanggo ku nguwak2 duit thok,lha wong bar nyelesaikan kuliah kok tambah lagi biaya jadi taruna Akpollll,weeeee(khusus orang berduit)
    Bang,meneng2 wiz nduwe pacar yo kue!!
    tak tunggu bancaane,lhoo….
    oke,atas permintaaan nya ni tak kasih alamat blogq:riza_boy@sukses.com
    haaaa,itu alamat q
    Muni2 ning UNY enak no ning kono?timbang ning UGM larang ndi,kepenak ndi?
    oh,takon cah ips koyo aq iso klebu TI TAH gax ning UN (universitas negeri)-:-

  44. sory nyampah Bang!!!!
    biasa tipe gejolak jiwa muda….

  45. selamt berjuang BUNG CHIELL!!!!!!!
    tolong minta doa restu buat angkatan ku ini,biar lulus semuam,aminnnnn

  46. WADuh kok isih pengen dolanan ngetik2
    tak silih nggonmu yo Bang!!!
    waduh eank tenan,rasa ngetik rasa mbayar,buyar kabeh nda!!!

  47. Kenapa ragu di ikom ugm, banyak bgt yg mau padahal.
    Salam kenal…!

  48. Halo, ini dari redaksi PCplus, tulisan kamu kita muat di Tabloid PCplus edisi 320, tapi berhubung gak ada data yg lengkap, tulung di lengkapi ya… nama lengkap, alamat rumah, telp&Hp, alamat Bank, no.rekening, a.n pengiriman, ditunggu secepatnya… tulung dibales ke alamat email ini aja ya.. tengku

  49. Riza :::
    Wis puas durung Za??

    Silur :::
    Oh, profil ini sudah akan di ubah kok….

    PCPLus :::
    Beneran nih??
    Jangan2 hoax??
    Tak cek dulu…

  50. tara
    wiz bar sertijab oi :)>-
    insya ALLAH SOAL PRADANA JO
    UDAH seperti yang engkau minta,semoga saja…
    we edan kuwe bang PC plus mbok langkahi thok Bang!!!
    ngeri ju………..
    wao…wao…..
    ngapusi tah ora iku Bang,pateni wae nek ngapusi!!!
    oh yow JurHum baru namanya YUNAHAR….
    tapi aq lali no.hp ne…
    wah kakean titik2,rak pa2 a?
    oh yow kabare DA yang baru mau adain SKKP ning ndicoba tebak…
    ning kajar meneh nda!!!
    ya,ndak pa2,tapi yang kusesalkan larang mbayare kono,hiks
    :((

  51. :)>-

  52. crying

  53. lho alumni sing jenenge Bang faiqsaiki ning ndi?
    hawane koyo bumi malaysia

  54. Riza :::
    Sing komen nang kene kowe tok ki Za..
    Oh ya, ntar kalo aku pulang ke Kudus tak cari kalian.
    Ngopo nangis??
    Kemarin aku sempat ketemu bang Faiq di DjK lho…

  55. weh ngeri mesti,wongnge kayae pinter banget yo bang!
    waduh lagi bigung ki….
    bingung nempati sesuatu pada tempatnya….
    bang…sesuatu yang ingin dicapai kan harus dicapai,but kalau sesuatu itu hampa untuk dicapai,enake aq piye bang???
    mundur tah maju?
    males bang kyake rak ada hasille,mertahankan sesuatu itu…pinginne sich lali tapi angel banget laline,wah rak iso turu…..

  56. wahaaa ki blog q yang baru
    babi56.wordpress.com

  57. oh ya ni riza,calon arsitek
    bang makasih atas segalanya…..

  58. WAAAAAAAAA…………………………………………………………………..
    ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,.
    ……………………….
    …………………
    ………..
    ,,,
    .
    .

  59. BANG LIAT AQ DI babi56.wordpress.com
    seee yaaaa

  60. ob ni riza

  61. maen kesini ah….
    bosen nih malem2,pengenesih nulis tapi gak mud,
    ya mending maen kesini aja….
    welh,wenak tenan bang sate kambinge,makyozzzzzz
    wareg tenan…
    wau kula ndelook bala joca,waduh sampun wonten susunan udah nongol disitu,mantappppp
    waduh keseringan nyampah ning kene,malah dadi hobi sakiki.
    hagz..hagz..hagz

  62. teruntuk bang Chiel:
    Bang sebelumnya aku mau minta maaf dulu sama kamu.Maafin aku dan temen2 angkatan ku.
    Truz,aku mewakili temen2 ku minta doa agar kami semua lulus seratus persen dan tidak ada rintangan apapun.
    Makasih Bang!

  63. Chiell~!!
    I promise you to visit your blog, so come here^^
    ^^ This is smiling face imoticon in Korea, same🙂
    But I don’t understand except picture!
    I appreciate Your mind when you visited my homepage in Korean all.
    Later when you returned Yogja, did you doing well?
    Nowdays Korea’s weather is very coldㅠ
    ㅠ This is sad face imoticon, same T.T
    Anyway Writing in English is very difficult to me.
    Later I will write e-mail to you, then you must reply to me. Okay?
    I hope you have a good time~ bye^^

  64. I forgot most important thing!!
    I’m Soo!! bye~

  65. Wow ! monkey!! I’m very very happy because you’re e-mail !!!
    And of course I always wear a bracelet that you gave me in Ganaan!
    I send a photo about this.

    You’re blog have so many thing.
    But I only understand photo, and your name chiell!! K k

    Su hong’s comment is so long. And my comment is so shout.
    But it’s ok because I send e-mail. It’s right?

    You know I am very good at English speaking,(kkk~) but I am little poor at writing.
    You agree this?

  66. Hi monkey kkkkk

    My head swims. hhhhhhh

    Your homepage……I don’t understand many thing.

    I don’t like English.

    Writing in English is very difficult to me.

    But, I don’t know indonesian

    And,You don’t know korean. hhhhhhhhhh

    I must study English for you and me.

  67. Mas, tugas PKL q hurung dadi piye?
    Ora dikurangi to nilaine?

  68. Okey mas bantuin aq bwt laporan coz lom slse

  69. hoey jeh ne jogja?
    kui blog q tulung di uprek-uprek hehehehehehe
    mmmm….wordpress?? q jeh rung iso jew

  70. This is my second times to read uR blog. My big brother on my SP2MP. Good habit when u decide like to write something then express it to ather people. It is better when u decide to read Dan Brown’s novel too, one of genius novel, i think. Keep in Cayou!!one more, i have one psychology game really, to make a balance score when i was a looser on ur “Perhatikan Alam Sekitar” game. wrr,,,but that is next…

  71. Haiii lam kenal yaa..thx dah mampir ke blog sayaaa..

    Ihh nick kita mirip ^^;

  72. aoooo chiel… wis ahh ngono thok.. ahahaha

  73. salam sapa mas chiell..
    tak rss blogmu..
    hehe…

  74. Sry for writing OFF TOPIC – which WP theme are you using? It looks stunning.

  75. blog walking…

  76. jadi chiell, sebenarnya, tititmu itu seberapa panjang? *lirik penggaris* kakakakak ^^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: